PEMBUATAN SAUS TOMAT

PEMBUATAN SAOS TOMAT

Saus tomat adalah produk yang dihasilkan dari campuran bubur tomat atau pasta tomat atau padatan tomat yang diperoleh dari buah tomat yang masak dan diolah dengan bumbu-bumbu dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lain diizinkan (SNI, 2004). Saus tomat mengandung air dalam jumlah besar tetapi mempunyai daya simpan yang panjang karena mengandung asam, gula, garam dan pengawet.

Dalam kondisi setengah basah, produk saus tomat menjadi lebih mudah rusak sehingga perlu dilakukan pengemasan agar awet dalam jangka waktu yang relatif lama serta mempermudah pendistribusiannya. Saus tomat biasanya dikemas dalam botol-botol dari bahan gelas atau plastik dan ditutup rapat. Dalam keadaan tertutup rapat, saus tomat dapat terlindung dari segala pengaruh yang berasal dari luar seperti mikroba penyebab pembusukan 

Pembuatan saus dilakukan dengan cara menguapkan sebagian air buahnya sehingga diperoleh kekentalan sari buah yang diinginkan. Ke dalam sari buah tersebut ditambahkan berbagai macam bumbu untuk menyedapkan. Saus sering ditambahkan pati dan bahan pengental lainnya untuk meningkatkan kekentalan produk.

Secara umum proses pembuatan saus terdiri dari beberapa tahap. Buah yang akan dijadikan saus terlebih dahulu dicuci dan disortir berdasarkan kualitasnya. Buah dihancurkan menjadi ukuran yang kecil dan disaring untuk memisahkan partikel yang berukuran besar sehingga didapatkan sari buah. Sari buah ini dimasak untuk menghilangkan uap airnya sehingga diperoleh produk yang kental. Produk ini akan diolah lebih lanjut dengan penambahan bahan-bahan aditif lainnya untuk meningkatkan kualitas produk sehingga produk siap dikemas. 

C:\Users\Aswad\Desktop\Untitled.png

Diagram alir proses pembuatan saus

Peralatan utama yang diperlukan pada pembuatan pabrik saus tomat adalah sebagai berikut.

  1. Washing Machine
  2. Blanching Machine 
  3. Cross Beater Mill (Grinder halus)
  4. Saringan (Pulper)
  5. Cooking & Mixing Tank (Tangki masak dan pengadukan)
  6. Stock Tank (Tanki Penyimpanan Bahan)/Conditioning Thermotank
  7. Autoclave
  8. Pump Unit
  9. Oil Heater
  10. Cooling Tower
  11. Alat Filling dan Packaging (Media dan Label)
  12.  UV line

Produksi saus berkembang dengan pesat di dunia. Indonesia dengan jumlah penduduk nomor 4 terbesar di dunia memiliki kebutuhan yang besar terhadap saus sehingga bisnis saus di indonesia sangat menjanjikan. Industri ini memiliki permintaan yang tinggi akan produk dengan berbagai inovasi produk. Kami bergerak sebagai spesialis di bidang industri proses. Kami memiliki sumber daya manusia mumpuni dalam berbagai proses yang ada di industri. Kami menawarkankan layanan konsultasi mengenai berbagai proses industri. Silakan konsultasikan kepada kami lebih lanjut jika anda tertarik pada industri saus tomat atau industri lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *