Biorefinery

Biorefinery

Biorefinery adalah proses pengolahan bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (bahan nabati) menjadi produk bahan bakar. Indonesia merupakan negara beriklim tropis sehingga memiliki beraneka ragam flora dan fauna. Hal ini membuat indonesia memiliki sumber bahan nabati yang melimpah. Ada berbagai sumber bahan nabati di Indonesia seperti sawit dan pohon nyamplung. Porses biorefinery akan menghasilkan berbagai produk dengan nilai tambah yang tinggi.

C:\Users\Aswad\Desktop\Untitled.png

Turunan produk dari biorefinery berbasis nyamplung

Komponen utama penyusun minyak nabati adalah senyawa trigliserida. Umumnya bahan nabati akan diolah menjadi tiga produk dasar yaitu gliserol, asam lemak, dan metil ester. Secara umum proses biorefienry terdiri dari pretreatment, reaksi trigliserida, dan pemurnian produk. Pretreatment diperlukan untuk menghilangkan pengotor-pengotor yang ada pada minyak nabati seperti getah dan parikel-partikel padatan pada minyak nabati.  Proses reaksi merupakan proses perombakan rantai trigliserida menjadi senyawa-senyawa yang diinginkan seperti gliserol, asam lemak, dan metil ester. Kemudian senyawa ini akan dipisahkan dan dimurnikan untuk mendapatkan spesifikasi produk yang diinginkan. Produk ini ada yang bisa langsung dijual dan juga bisa diolah lebih lanjut menjadi produk lain dengan nilai jual yang lebih tinggi.

C:\Users\Aswad\Desktop\images.png

Reaksi hidrolisis trigliserida

C:\Users\Aswad\Desktop\Untitled3.png

Reaksi transesterfikasi trigliserida

 

Proses pengolahan bahan nabati

Produk turunan dari bahan nabati digunakan diberbagai jenis industri seperti industri makanan dan minuman, farmasi, kosmetik, dan bahan bakar. Banyaknya kegunaan produk ini membuat permintaan akan produk biorefinery cukup besar sehingga bisnis ini cukup menggiurkan di Indonesia terutama karena sumber bahan baku yang melimpah. Indonesia telah memiliki beberapa perusahan besar yang menekuni proses biorefinery dengan bahan baku minyak sawit sehingga proses biorefinery di Indonesia bukan merupakan proses yang baru lagi. Optimasi proses biorefinery perlu dilakukan agar didapatkan hasil yang lebih optimal sehingga meningkatkan keuntungan dan mengurangi dampak lingkungan. 

 

Kami memiliki engineer-engineer profesional yang bergerak di berbagai proses kimia. Jika anda ingin melakukan optimasi proses pabrik anda, silakan konsultasikan ke kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *