Pembuatan Saos Tomat

Saus tomat ialah produk yang menghasilkan campuran pasta tomat atau padatan tomat atau bubur tomat  yang didapat dari tomat yang telah di masak, dan prosesnya yang diolah dengan bumbu-bumbu, tanpa ada penambahan bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang telah diijinkan oleh (SNI, 2004). Saus tomat ini ialah produk pangan yang terbuat dari pasta tomat tersebut, dan mengandung air dalam jumlah besar namun mempunyai daya simpan yang cukup lama atau panjang karena didalamnya mengandung garam, asam, gula  dan pengawet.

Dalam kondisi setengah basah tomat tersebut akan mudah membusuk. Produk saus tomat ini biasanya mudah rusak jika tidak dikemas dengan  baik. Oleh sebab itu, perlu diatasi pengemasan yang rapat dan awet, agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dan dapat mempermudah kita dalam pendistribusiannya. Saus tomat biasanya dikemas ke dalam botol-botol dari bahan plastik atau gelas yang ditutup rapat agar awet. Dalam kemasan yang tertutup rapat tersebut , saus tomat akan terlindungi dari segala pengaruh yang berasal dari luar maupun didalam, contohnya seperti mikroba yang menyebabkan kebusukan.

Pembuatan saus ini perlu dilakukan dengan menguapkan sebagian air buahnya, untuk memperoleh kekentalan sari buah yang dihasilkan. Ke dalam pekatan sari buah tersebut dapat kita tambahkan berbagai macam bumbu untuk menyedapkan ke dalam makanan. Agar saus tersebut menjadi lebih kental, perlu ditambahkan pati dan bahan pengental lainnya.

Daftar peralatan yang utama pada pembuatan pabrik saos tomat ini adalah sebagai berikut:

1. Washing Machine

2. Blanching Machine

3. Cross Beater Mill (Grinder halus)

4. Saringan (Pulper)

5. Cooking & Mixing

6. Tank (Tangki masak dan pengadukan)

7. Stock Tank (tanki penyimpanan bahan) / Conditioning Thermotank

8. Autoclave

9. Pump Unit

10. Oil Heater

11.Cooling Tower

12. Alat Packaging / Pengemasan (Botol 220 ml)

13. Mesin Wrapping Botol

14. UV line

15. Raw Material

 

16. Packaging Media (botol dan labeling)