CPI

Tahap awal pengolahan limbah adalah tahap yang paling penting dalam pengolahan limbah. Pada tahap ini bertujuan untuk minimalisasi pencemar yang tak terbiodegradasi atau beracun, agar tidak mengganggu proses-proses selanjutnya. Salah satunya adalah minimalisasi pencemar berupa minyak dan padatan tersuspensi.

CPI merupakan alat untuk memisahkan air dari minyak dan partikel tersuspensi dengan prinsip perbedaan massa dan memanfaatkan gravitasi. 

CPI merupakan pengembangan dari unit API Separator. Jika sebelumnya API separator tidak menggunakan media, pada CPI Separator dilengkapi media coalescer sehingga butiran minyak akan berkumpul dan naik lebih cepat.

Aplikasi

CPI biasanya digunakan pada kilang minyak, pabrik petrokimia, bahan kimia, pabrik pengolahan gas alam, pabrik pengolahan minyak sawit dan turunannya, serta sumber-sumber industri lainnya (oily water).

Penambahan media berupa pelat-pelat bergelombang (corrugated) meningkatkan efisiensi pemisahan gravitasi. Media bergelombang menyediakan permukaan yang lebih luas sehingga padatan dapat mengendap ke bawah lebih cepat serta butiran minyak dapat saling bergabung untuk membentuk butiran yang lebih besar (coalescing) dan naik ke permukaan lebih cepat. Keluaran dari CPI disediakan oil tank dan water tank untuk menampung minyak dan air.

CPI bisa dipasang dalam keadaan bertekanan mengikuti laju alir pipa.

Spesifikasi CPI

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, CPI Oil Separator harus dirancangan dengan berbagai pertimbangan dan dipasang dengan konfigurasi yang tepat. Pengaturan media dari CPI Oil Separator merupakan kunci utama alat ini untuk menghasilkan pemisahan yang sempurna. Kami berpengalaman dalam merancang proses yang ada di CPI Oil Separator dan  menawarkan jasa konsultasi untuk perancangan unit ini.